INFO
  •  Tambahan batas waktu sanggah untuk pelamar PPPK sampai 22 Oktober 2023 jam 23.59 

UPACARA MEMPERINGATI HARI ULANG TAHUN RI KE-78 DENGAN THEMA TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU TINGKAT KABUPATEN SABU RAIJUA.

Kamis, 17 Agustus 2023

“SABU RAIJUA DALAM BINGKAI PARIWISATA UNTUK KEMAJUAN PESONA NUSANTARA”

PROKOPIM., Bupati Sabu Raijua (Drs. Nikodemus N. Rihi Heke,M.Si) menjadi Inspektur dalam Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun di Halaman Depan Kantor Bupati Sabu Raijua, Kamis 17 Agustus 2023. Upacara tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Sabu Raijua, Wakil Bupati Sabu Raijua, Kapolres Sabu Raijua, Danposal, Danramil, Anggota DPRD Sabu Raijua, Unsur FORKOPIMDA Kabupaten Sabu Raijua, Asisten III Setda Sabu Raijua, Ketua Bhayangkari, Para Pimpinan OPD, Pimpinan BUMN dan BUMD, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Tokoh Adat, Lsm Dan Insan Pers, Anggota Korpri Se Kabupaten Sabu Raijua dan Para Kepala Desa. Serta diikuti oleh Anggota POLRI/TNI, ASN, Anggota Pramuka, Siswa/Siswi SD, SMP dan SMA serta Mahasiswa KKN UNDANA dan UNKRIS Kupang.

Dalam Pidatonya Bupati Sabu Raijua mengatakan Syalom, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salve,  Om Swastiastu Namo Buddhaya, Salam Kebajikan. Pada tempat pertama saya mengajak kita semua memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Penyayang karena Atas Berkat dan Rahmat-Nya, kita tetap diberikan kekuatan dan kesempatan serta keteguhan untuk menikmati suasana Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan secara istimewa kita dapat menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi  Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023 pada saat ini dalam keadaan sehat, aman dan damai.

Mengawali pidato ini, perkenankan Saya dan saudara Wakil Bupati atas nama pribadi, dan Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua mengucapkan Selamat Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78, kepada seluruh rakyat Kabupaten Sabu Raijua bahkan seluruh Rakyat Indonesia dengan harapan “Terus Maju Untuk Indonesia Maju”.

Peserta upacara dan seluruh Rakyat Sabu Raijua yang saya hormati dan cintai,demi mewujudkan Tema Hari Kemerdekaan RI Tahun 2023 tersebut, generasi penerus perlu memiliki Kreativitas, Inovasi, dan Daya Adaptasi yang tinggi agar mampu memberikan sumbangsih bagi Indonesia maju dengan mengandalkan semangat gotong-royong yang telah terbukti tangguh dalam menghadapi segala tantangan yang ada.Kalau pada masa dahulu, Para Pendiri Negara Kesatuan RI dalam kesederhanaan dan keterbatasan  bahu membahu bersatu padu dengan tekad yang teguh, semangat pantang menyerah, berjuang bersama, rela mengorbankan harta, jiwa dan raga untuk melepaskan diri dari cengkraman penjajah meskipun hanya bersenjatakan “Bambu Runcing” namun mampu menumpas penjajah dari ibu pertiwi dengan pengorbanan yang sangat mahal telah diukir oleh Para Pendiri Negara RI demi masa depan generasi penerus. Karena itu, saat ini kita harus menjadikan bukti heroik perjuangan Para Pendiri Negara RI sebagai sumber motivasi intrinsik dari setiap anak bangsa termasuk seluruh rakyat di Sabu Raijua saat ini untuk bekerjasama, bergotong royong secara teratur, bekerja keras dan cepat dalam memajukan daerah kita. Sudah saatnya setiap kita harus berperan sebagai Aktor Perubahan, Aktor Pembaharuan Dan Aktor Pemulihan.

Hadirin dan Seluruh Rakyat Sabu Raijua yang Saya Hormati dan Cintai,

Berkenaan dengan 78 Tahun Kemerdekaan Negara RI Tahun 2023  dan memasuki 12 tahun Kabupaten Sabu Raijua, proses penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Sabu Raijua dalam Ikatan Negara Kesatuan RI patut kita akui bersama manakala berbagai hasil telah dicapai. Rakyat selaku pemilik Pemerintahan dan pemetik manfaat dari proses pemerintahan telah menaruh kepercayaan kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah karena telah ada hasil-hasil yang dinikmati oleh rakyat baik dalam rangka pelayanan, pemberdayaan maupun pembangunan.

Berdasarkan evaluasi capaian pembangunan yang direpresentasikan  melalui indikator makro ekonomi yang juga dijadikan indikator kinerja utama dalam RPJMD Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua tahun 2021-2026, hasil yang dicapai sebagai berikut :

1.   Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi semakin membaik pasca pandemi covid-19. Tahun 2021 nilai pertumbuhan ekonomi sebesar 1,55 persen dan pada tahun 2022 tumbuh menjadi 3,02 persen, atau melampaui target rpjmd sebesar 0,94 persen. Diharapkan tahun 2023 kabupaten sabu raijua bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi yang lebih baik yaitu mencapai 3,55 persen;

2.   Persentase Penduduk Miskin

Persentase penduduk miskin di Sabu Raijua tahun 2022 berhasil turun (1,4 persen) atau menjadi 28,73 persen dibandingkan capaian tahun 2021. Selain itu capaian persentase penduduk miskin juga turun melampaui target rpjmd yakni sebesar 0,94 persen. 

Sama halnya dengan capaian persentase penduduk miskin  ekstrem  di Kabupaten Sabu Raijua tahun2022  berhasil turun  sebesar (7,37 persen) atau menjadi  8,79 persen dibandingkan capaian tahun 2021 yakni sebesar 16,16 persen. Diharapkan kemiskinan ekstrem terus mengalami penurunan hingga mencapai 0 persen di tahun 2024 sesuai dengan target dari pemerintah pusat.

3.   Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

IPM tahun 2022 meningkat (0,87 point) atau  menjadi 57,90 poin dibandingkan capaian tahun sebelumnya. Capaian ipm juga melampaui target rpjmd sebesar (0,3 point). Peningkatan ini dipengaruhi oleh adanya tren positif pada usia harapan hidup, rata-rata lama sekolah dan PDRB perkapita.

4.   Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)

Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Sabu Raijua tahun 2022 menjadi 3,29 persen dibandingkan capaian tahun sebelumnya yakni 1,25 persen. Selain itu capaian tpt juga belum mencapai target rpjmd yang berada pada kisaran 2,87 s/d 2,89 persen. Hal ini tentu mengindikasikan bahwa kesempatan kerja diwilayah Sabu Raijua semakin sempit sehingga perlu menjadi perhatian kita bersama agar target yang ditetapkan dapat tercapai. Diharapkan pada tahun 2023 lebih baik lagi atau turun pada kisaran 2,68 s/d 2,49 persen.

Dalam kaitan itu, tatkala merefleksi hakikat kehadiran Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan rakyat yang karena keterbatasannya tidak dapat dipenuhi sendiri, maka Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua terus berupaya merenda masa depan Kabupaten Sabu Raijua dengan tekat yang kuat untuk mewujudkan potret Pemerintahan yang benar-benar berkarakter pelayan rakyat. Sebagai wujud keseriusan Pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakat di kabupaten sabu raijua, maka Pemerintah Daerah telah  mengambil langkah-langkah antara lain :

1.          Bidang pendidikan, yang merupakan syarat utama dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas unggul, terampil dan produktif sebagai modal utama dalam pembangunan sekaligus menjadi faktor penentu pencapaian kinerja pembangunan terus gencar dilakukan.

Kita boleh berbangga karena sejumlah indikator mampu kita capai meskipun dihadapkan dengan pelbagai keterbatasan, dalam tiga tahun terakhir angka kelulusan untuk sd dan smp mencapai 100 persen, demikian pula partisipasi sekolah terus menunjukkan trend yang menggembirakan.

Dalam rangka memacu peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Sabu Raijua, Pemerintah Daerah terus berupaya membangun ruang kelas baru, rehabilitasi gedung sekolah, pembangunan laboratorium, pembangunan rumah dinas guru dan pembangunan perpustakaan. Saat ini, semua smp telah memiliki laboratorium dan untuk jenjang sd dan smp juga telah memiliki perpustakaan sekolah. Selain itu, Pemerintah juga memberikan bantuan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) kepada anak-anak kurang mampu bagi siswa SD dan SMP. Khusus untuk pendidikan anak usia dini, Pemerintah juga memberikan dana bantuan operasional pendidikan untuk Lembaga PAUD dan  Lembaga PKBM/SPNF-SKB yang tersebar di 6 Kecamatan pada tahun 2023.

Selain itu, Pemerintah Daerah saat ini juga gencar mengembangkan kualitas SDM tenaga pendidik dan kependidikan mulai dari tingkat PAUD, SD dan SMP melalui berbagai pelatihan sehingga diharapkan para tenaga pendidik dan kependidikan berperan secara professional sebagai agen perubahan yang mampu menciptakan berbagai inovasi dalam membangun SDM rakyat Kabupaten Sabu Raijua yang handal dan tangguh serta mampu berkompetisi dalam menghadapi tantangan global dimasa depan. Pada saat bersamaan, pemerintah daerah telah dan sedang menginisiasi “Gerakan Literasi Sekolah” sebagai terobosan progresif untuk mendukung gerakan literasi nasional. Dari sisi budaya pendidikan, anak-anak didik kita sudah mulai tanamkan budaya hidup membaca bersama dan saling berdiskusi dalam diberbagai kesempatan.

Pada bulan maret tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua telah menandatangani kesepakatan bersama dengan Politeknik Negeri Jember tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyrakat di kabupaten sabu raijua untuk pelaksanaan program studi di luar kampus utama (psdku) yang diharapkan pada tahun ajaran semester ganjil 2024 program PSDKU ini sudah dapat dijalankan di Sabu Raijua.

Peserta Upacara dan Seluruh Rakyat Sabu Raijua yang Saya Hormati dan Cintai,

2.          Bidang Kesehatan, Pemerintah Daerah sedang mengimplementasikan kebijakan pembangunan untuk memproteksi kesehatan rakyat secara menyeluruh sebagai actor pembangunan. Optimalisasi pembangunan bidang kesehatan tidak saja digalakan pada aspek preventif dan kuratif akan tetapi juga aspek promotif. Langkah-langkah yang telah diambil pemerintah antara lain : peningkatan sarana kesehatan khususnya renovasi puskesmas bolou menjadi puskesmas prototype kementerian kesehatan, pemasangan jaringan listrik ke rs pratama raijua, pengadaan alat kesehatan bagi puskesmas dan melengkapi semua puskesmas dengan USG 2 dimensi.

Peningkatan standar pelayanan puskesmas melalui  reakreditasi 6 puskesmas. Bersamaan dengan itu, pemerintah daerah telah bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter spesialis dengan meningkatkan kordinasi dan kerjasama dengan kementerian kesehatan ri dan membangun kerjasama dengan RSUD prof. W.z. yohanes kupang sebagai rumah sakit rujukan. Dari 4 (empat) dasar kebutuhan dokter, seluruhnya telah tersedia. Untuk menunjang kerja spesialis dasar kita juga sedang berusaha untuk mendatangkan dokter spesialis penunjang medis seperti dokter spesialis anastesi dan patologi klinik.

Dalam rangka memproteksi kesehatan seluruh rakyat Kabupaten Sabu Raijua, maka Pemerintah Daerah telah membangun kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Kupang bagi Penduduk Sabu Raijua dalam mewujudkan Universal Health Cavery (UHC) pada tahun 2022 membuktikan bahwa program pelayanan kesehatan hadir diujung negeri yang diselenggrakan secara serentak. Target utama bpjs adalah UHC yakni masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan sehingga seluruh rakyat di Kabupaten Sabu Raijua memperoleh pelayanan kesehatan secara gratis. Jadi bagi masyarakat yang sakit dapat langsung dimanfaatkan dengan hanya menggunakan KTP.

Selain itu tahun 2023 Pemerintah juga melakukan kerjasama dengan beberapa rumah sakit untuk melakukan pelayanan bakti sosial kesehatan di RSUD Sabu Raijua, diantaranya :

vPelayanan bakti sosial kesehatan rumah sakit terapung ksatria airlangga pada bulan juli 2023 selama 5 (lima) hari dengan total pasien yang terlayani sebanyak 694 orang.

vPelayanan bakti sosial katarak tni angkatan udara pada bulan agustus 2023 dengan total pasien yang Discreening sebanyak 57 orang.

vPelayanan bakti sosial sunatan massal dan bedah minor oleh alumni fakultas kedokteran undana sarai 2023 yang direncanakan pada tanggal 15 s/d 17 agustus 2023 dengan total pasien yang sudah terdaftar sebanyak 6 orang pasien bedah minor dan 65 pasien sunatan massal.

 

Salah satu kebijakan prioritas Pemerintah dibidang kesehatan secara nasional adalah penurunan stunting. Berdasarkan rilis data per februari 2023, total balita stunting sebanyak 1.392 orang atau 17,1% dari total balita sebanyak 8.133 orang. Saat ini pemerintah telah mengambil kebijakan untuk mempercepat penurunan angka stunting dengan mewajibkan setiap perangkat daerah untuk ikut bertanggung jawab memberikan makanan tambahan dengan asupan gizi yang terukur kepada para balita yang terkena stunting atau memiliki resiko terkena sunting dengan nama gerakan tali kasih, selain intervensi dinas kesehatan dan puskesmas. Dengan demikian diharapkan pada akhir tahun 2023 terjadi penurunan angka stunting secara memuaskan.

Kabupaten Sabu Raijua selama 36 bulan terakhir berturut turut tidak di temukannya kasus malaria (penularan setempat) sehingga tahun ini pemerintah akan melakukan eradikasi frambusia (bebas malaria) di sabu raijua. Selain itu, suatu prestasi  yakni diraih oleh puskesmas bolou yakni selama 7 tahun (2017-2022) tidak ada kematian ibu melahirkan. Diharapkan kepada puskesmas yang lain juga demikian.

Peserta Upacara dan Seluruh Rakyat Sabu Raijua yang Saya Hormati dan Cintai,

3.          Bidang Pertanian; mencermati realitas kehidupan masyarakat sabu raijua yang pada umumnya sebagai petani atau peternak, maka pemerintah daerah fokus menggerakan sektor pertanian untuk memastikan cukup pangan dan pendapatan pertanian dan peternakan. Upaya mempercepat transformasi pertanian menuju pertanian modern dilakukan dengan cara meningkatkan pendampingan dan penyuluhan kepada petani dan meningkatkan kualitas penyuluh pertanian.

Tahun 2023 Pemerintah Daerah mengambil langkah strategis untuk meningkatkan produksi pertanian melaui :

a)     merekrut 21 PPL/PPK;           

b)    memfasilitas petani dengan bantuan sarana dan prasarana pertanian berupa alat-mesin pertanian, benih dan bibit tanaman dan ternak serta pupuk dan pestisida;

c)     membantu infrastruktur pendukung seperti embung, jaringan irigasi dan jalan usaha tani; dan         

d)    meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan hewan.

Kendatipun produksi pertanian sangat sensitif terhadap kondisi dan perubahan cuana namun data produksi pertanian menunjukan adanya peningkatan sehingga tingkat ketahanan pangan masyarakat tercukupi.

Pada tahun 2020 terdapat 1 Desa/Kelurahan dengan status sangat rentan rawan pangan, 2 Desa/Kelurahan dengan status rawan pangan dan 4 Desa agak rentan rawan pangan namun kondisi sampai tahun 2022 tidak ada lagi desa/kelurahan yang rentan rawan pangan bahkan tahun 2022 sudah 40 desa/keluarahan dengan status tingkat ketahanan pangan sedang dan 11 desa/kelurahan dengan status ketahanan pangan tinggi.

Perlu juga diinformasikan bahwa beberapa komoditi pertanian sangat berperan dalam menopang perekonomian daerah karena telah berswasembada dan diperdagangkan antar pulau yakni bawang merah dikirm ke papua, alor kupang dan sumba; kacang tanah ke sulawesi; ternak kerbau dan kambing ke sulawesi serta produk hasil olahan lontar ke sebagian besar daerah di ntt dan diluar ntt.

4.          Bidang Perindustrian dan Perdagangan; Pemerintah tetap fokus mengoptimalkan pemanfaatan aset-aset yang telah dibangun untuk tumbuh kembangnya industri yaitu tambak garam sehingga kedepan dapat diandalkan sebagai ikon andalan ekonomi daerah.

Berkaitan dengan pengelolaan tambak garam, saat ini difokuskan pada perbaikan secara bertahap terhadap tambak garam yang mengalami kerusakan total saat terjadi badai siklon tropis seroja tahun 2021. Kondisi sampai dengan tahun ini 22 ha telah berproduksi dari total 107 ha. Seiring dengan itu, pola pengelolaan kini diarahkan pada pemberdayaan masyarakat sehingga masyarakat secara bertahap akan mengelola tambak garam secara mandiri dan dapat memperoleh bagi hasil yang lebih besar dari garam yang diperolehnya seiring dengan peningkatan kemampuan pengelolaannya.

Dengan pola ini diharapkan masyarakat secara bertahap meningkatkan kemampuannya dalam mengelola tambak garam sehingga masyarakat dapat mengelolanya secara mandiri tanpa campur tangan pemerintah daerah.

Kondisi saat ini, pasar garam mulai mengalami pemulihan seiring dengan adanya masalah kuota impor garam sehingga tumpukan garam yang ada di sabu raijua pada tahun-tahun sebelumnya sudah dapat terjual.

Selanjutnya berkenaan dengan pelayanan bbm, pada tahun 2023, mengalami perubahan pola dari waktu sebelumnya yakni distribusi bbm subsidi dilakukan melalui penyalur dan sub penyalur resmi sesuai peraturan bph migas yaitu menetapkan spbu sebagai penyalur dan pemda menetapkan sub penyalur bagi wilayah yang belum terdapat spbu. Tujuan pembenahan ini adalah memastikan masyarakat sasaran penerima bbm subsidi yakni petani, nelayan dan pelaku umkm mendapat porsi bbm subsidi yang baik yakni takaran yang tepat dan harga yang terjangkau sesuai ketentuan.

Peserta Upacara dan Seluruh Rakyat Sabu Raijua yang Saya Hormati dan Cintai,

5.          Bidang Pariwisata; Pemerintah terus berupaya untuk membenahi dan mengembangkan obyek wisata alam seperti Kelabba Madja, Bukit Salju, Kampung Adat Namata, Goa Mabala, Goa Nahoro, Pantai Raemea, Pantai Kepo, dan sebagainya agar memiliki nilai jual  dan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sanggar-sanggar seni budaya terus dikembangkan agar anak-anak kita dapat belajar beraneka Tarian Daerah, Lagu-Lagu Daerah, Alat Musik Daerah Seperti, Gong, Tambur, Ketadu Haba dan sebagainya.

Pada kesempatan ini, saya terus mendorong agar seni budaya lokal ditampilkan pada berbagai acara atau Kegiatan Sekolah, Pemerintahan, Sosial Kemasyarakatan dan Keagamaan, sehingga asset daerah yang potensial ini tidak punah oleh terpaan budaya luar dan perkembangan media sosial yang begitu mudah dan cepat dianut oleh berbagai kalangan.

Pada tahun 2023Pemerintah Daerah telah melaksanakan dan mengagendakan beberapa event antara lain :

vBulan april Pemerintah Daerah menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar  festival taman langit biru untuk memantau gerhana matahari hibrida yang terjadi 40 tahun sekali sekaligus menampilkan astro wisata;

vBulan mei kita telah melaksanakan Festival Niki Madja dan akan dilaksanakan  Festival Kelabba Madja III pada bulan Oktrober 2023. Berbagai langkah persiapan baik teknis administratif maupun taktis operasional telah dan sedang persiapkan secara matang sehingga menjamin kelancaran dan suksesnya event bergengsi itu dan yang terpenting adalah memberikan dampak positif bagi seluruh rakyat Kabupaten Sabu Raijua.

Selain itu, Kabupaten Sabu Raijua mendapat juara I kategori minuman tradisonal (gula sabu) pada lomba Anugerah Pesona Indonesia (API) ke 7 tahun 2022 dan tahun ini Goa Nahoro juga ikut dilombakan dalam API 2023.

6.          Bidang Infrastruktur; pembangunan jalan secara bertahap terus dilakukan oleh Pemerintah diantaranya  Jalan Nasional, Jalan Provinsi dan Jalan Kabupaten. Hingga saat ini Jalan Nasional dalam kondisi baik sudah mencapai 44,71 km dari total 44,71 km dan jalan provinsi 28,10 km dari total 39,00 km sedangkan Jalan Kabupaten baru mencapai 296,46 km dari total 571 km.

Pada tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua mendapat Penghargaan Kabupaten/Kota Terbaik Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus Infrastruktur PUPR Bidang Air Tahun 2022.

7.          Bidang Komunikasi dan Informatika : sampai dengan tahun 2023 Pemerintah telah membangun 26 unit tower dari target 51 unit untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan signal. Pemerintah terus berupaya membangun koordinasi dengan Telkomsel dan Kementerian Komunkasi dan Informatika untuk pembangunan tower  dan Base Tranceiver Station (BTS) agar Sabu Raijua bisa “Merdeka Signal”. Selain itu, tahun 2023 Kabupaten Sabu Raijua mendapat penghargaan keterlaksanaan info publik  dengan predikat “Badan Publik Yang Cukup Informatif” dari  Komisi Informasi Prov. NTT,  penghargaan peringkat 6 indeks SPBE Se Prov NTT oleh Dinas Kominfo Prov. NTT dan Penghargaan Implementasi Tanda Tangan Elektronik Oleh Balai Sertifikat Elektronik Pusat.

8.          Bidang Perhubungan : rencana pembangunanbandar udara Bangngu Loni di Desa Eimau, saat ini telah mendapat persetujuan kelayakan lokasi dan telah dilakukan studi  rencana induk bandar udara serta dilakukan evaluasi lapangan terhadap rencana induk bandar udara yang dilakukan oleh kementerian perhubungan r.i untuk selanjutnya dilakukan penetapan lokasi (PENLOK).

Peserta upacara dan seluruh rakyat sabu raijua yang saya hormati dan cintai,

9.          Bidang Kepegawaian Daerah : pada tahun 2022  Pemerintah melaksanakan penerimaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kontrak (PT3K) sebanyak 346 orang terdiri dari Tenaga Guru 109 orang, Tenaga Teknis 23 orang dan Tenaga Kesehatan 214 orang sedangkan bulan september 2023 akan dilaksanakan seleksi penerimaan ASN P3K  sebanyak 260 orang untuk formasi Guru 54 Orang, Nakes 150 Orang dan  Teknis  sebanyak 56 Orang.

10.       Bidang Kepemudaan

Generasi muda Kabupaten Sabu Raijua yang meskipun dalam berbagai keterbatasan, namun mereka telah mampu mengukir prestasi yang mengharumkan daerah kita. Dalam seleksi pra pon tahun 2023 di kupang, anak-anak kita berhasil lolos seleksi dari cabang kriket sebanyak 5 orang, sepak takrow sebanyak 5 orang sedangkan cabang pencak silat, tinju dan futsal masih menunggu pengumuman seleksi. 

 

 

 

Selain itu, dari cabang karate Sabu Raijua berhasil meraih 1 medali emas dan 1 medali perunggu di kejuaraan daerah kapolda ntt cup; dan cricket meraih medali emas di turnamen kartini cup 2023 di bali sedangkan kempo meraih 4 medali emas, 5 medali perak dan 2 medali perunggu dikejuaraan daerah Shorinji kempo 2023 di Kabupaten Kupang.

Khusus cabang kriket 1 orang atlet asal Sabu Raijua  an. Februce ama ricardo sedang mengikuti seleksi kualifikasi pra piala dunia dikupang. Oleh karena itu, pada kesempatan peringatan hut ri ke 78 ini, sekali lagi saya atas nama pemerintah kabupaten sabu raijua menyampaikan apresiasi, penghargaan dan pujian kepada para generasi muda yang telah secara aktif berkontribusi dan bertanggungjawab dalam memajukan sekaligus mengharumkan Sabu Raijua.

Hadirin dan Seluruh Rakyat Sabu Raijua yang Saya Hormati dan Cintai,

Sejumlah agenda prioritas pemerintahan daerah yang diyakini pasti memberikan perbaikan, perubahan, peningkatan dalam memajukan rakyat dan daerah dengan hasil yang gemilang tatkala ada semangat kerjasama secara teratur atau gotong royong diantara semua unsur pemerintahan yang ada. Oleh karena itu, hindari hal-hal yang mengarah pada Primordialisme, Etnisentrisme, Diskriminatif dan Stereotipe. Disisi lain terus tingkatkan sikap kritis, obyektif dan konstruktif demi optimalisasi tugas-tugas Pemerintahan.

Bagi ASN, Para Kepala Desa dan Lurah, diharapkan agar melalui momentum Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 78 ini, sesegera mungkin membenahi diri dengan cara reformasi secara fundamental dalam bekerja, rubahlah cara kerja yang normal dengan cara kerja yang extra normal yang selalu memperhitungkan kepuasan rakyat sebagai prioritas, hindari prosedur yang panjang dan berbelit-belit, tinggalkan orientasi prosedur dan kedepankan orientasi hasil. Fleksibilitas, kecepatan, ketepatan, efisiensi dan kolaborasi dalam berkarya sangat dibutuhkan. Jauhkan diri dari perbuatan tercela dan tindakan kkn karena itu hanya akan menuai badai di hari esok. Bagi para kepala desa dan lurah, kelola dan manfaatkan dana desa/kelurahan sebaik mungkin. Jangan berorientasi proyek, tetapi berorientasilah pada pemenuhan kebutuhan rakyat. 

Hadirin dan Seluruh Rakyat Sabu Raijua yang Saya Hormati Dan Cintai,

Dalam kehidupan berpemerintahan, pemimpin selaku pelayan rakyat dan birokrasi selaku abdi (pesuruh) rakyat sudah harus menjadi budaya dalam berpemerintahan yang berorientasi pada kepuasan rakyat selaku tuan dan pemetik manfaat. Dalam perspektif manajemen pemerintahan, predikat opini “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)” dari BPK RI yang diraih Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua selama 3 tahun berturut-turut sesungguhnya menjadi kekuatan pendorong bagi seluruh penyelenggara Pemerintahan Daerah untuk terus berbenah diri dalam seluruh aspek manajemen pemerintahan. Diharapkan, melalui Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Ke – 78 Tahun 2023, kita satukan tekad melalui gebrakan membangun Inovasi Secara Masif dalam rangka proses Pemerintahan.

Berita terkait :

«

Februari 2024

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29