INFO
  •  Pengumuman Seleksi Penerimaan PPPK JF Tenaga Kesehatan 2022 
  •  Seleksi Penerimaan PPPK JF GURU Tahun 2022 

MUSRENBANG PERLU MEMPERIORITASKAN USULAN MASYARAKAT

Kamis, 10 Maret 2022

MUSRENBANG PERLU MEMPERIORITASKAN USULAN MASYARAKAT

Musrembang merupakan sistem perencanaan Pembangunan Nasional yang dicanangkan Pemerintah Republik Indonesia untuk mempercepat proses pembangunan di daerah dengan memprioritaskan usulan masyarakat  dari tingkat RT/RW, Dusun dan Desa. Musrembang tingkat Kecamatan adalah forum musyawarah bagi peserta dari tingkat Desa, untuk turut  berperan secara aktif dalam membahas skala prioritas  program dan kegiatan untuk pengambilan keputusan terhadap usulan dari Desa/Kelurahan yang diusulkan melalui forum musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kabupaten. Hal ini disampaikan Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus N. Rihi Heke MSI ketika membuka musrembang Kecamatan Hawu Mehara Tahun 2022 berlangsung di Aula serbaguna Kecamatan Hawu Mehara Kamis 10 Maret 2022.

Dikatakannya bahwa musrembang adalah kegiatan rutin setiap tahun dengan dasar pemikiran  untuk membangun Sabu Raijua harus melalui satu Perencanaan demi kepentingan bersama. Berbiara tentang perencanaan tentu dimulai dari semua tingkatan yaitu dari tingkat bawah seperti Dusun Desa/Kelurahan. Langkah-langkah ini menurut Bupati harus dilalui dengan mensinkronisasikan sesuai kemampuan keuangan daerah.

Dengan memprioritaskan  peningkatan kualitas SDM,  berdaya saing yang berhubungan dengan pelayanan dasar sesuai kebutuhan masyarakat yakni pertumbuhan ekonomi di semua sektor. Selain itu konektivitas antar wilayah dan kualitas lingkungan yang berkelanjutan,reformasi birokrasi dan inovasi daerah, revolusi mental,  ini  harus dilakukan secara bersama masyarakat. Untuk itu Musrembang ini akan  menjadi catatan penting bagi Desa, Kecamatan dan Kabupaten.

Mengakhiri sambutannya Bupati mengingatkan  dalam rangka mendukung ketahanan air di wilayah Kabupaten Sabu Raijua agar seluruh Desa perlu merencanakan pembangunan Embung  pada tahun 2022 ini.

Selain itu akan dilaksanakan pula festival, Kelabbamaja untuk dilakukan lebih baik dari  tahun 2019 lalu.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPRD Kabupaten Sabu Raijua Paulus Rabe Tuka SH dalam sambutannya mengatakan Musrenbang  ini merupakan proses yang harus kita lalui bersama untuk kita bisa mendapatkan suatu masukan dan skala prioritas melalui melalui kegiatan ini yang tentunya tidak  berbeda jauh dengan usulan-usulan sebelumnya tetapi proses Musrembangcam ini harus selaras, senafas dengan Visi Misi Kepala Daerah, demi menciptakan masyarakat Sabu Raijua yang bersatu, maju dan bermartabat.

Seperti Musrenbangcam kecamatan lainnya, Laporan ketua panitia pelaksanaan kegiatan musrenbangcam Hawu Mehara, di sampaikan oleh Sekcam Hawu Mehara, Welem Gale Bangngu,dengan jumlah usulan serta unsur peserta yang hadir, Sedangkan gambaran umum wilayah kecamatan hawu Mehara di sampaikan langsung oleh Camat Hawu Mehara, bapak Daniel Logo, SH.

 

Peserta Musrenbang Kecamatan Hawu Mehara Tahun 2022

Setelah mengakhiri penyampain gambaran umum wilayah kecamatan Hawu Mehara, Camat Hawu Mehara menyerhkan Pelepasan Hak atas Tanah kepada Pemerintah kabupaten Sabu Raijua, yang dinterima oleh Kadis PU PR Sabu Raijua, Bapak Erens Ch.Haba Radja, dari dua desa yakni Desa Wadumedi untuk pembamgunan Pasar Rakyat dan Desa Pedarro untuk lokasi pembangunan embung.

 

Musrenbangcam Hawu Mehara tampil beda karena ,Dalam Arahan Ketua DPRD Sabu Raijua, Bapak Paulus Rabe Tuka,SH dengan seijin Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus N.Rihi Heke.M,Si , memaparkan Visi dan Misi Kabupaten Sabu Raijua.

Lebih lanjut di sampaikan oleh bapak Ketua DPRD Sabu Raijua, mewakili Lembaga DPRD sabu Raijua mengatakan bahwa Visi Misi Kabupaten Sabu Raijua, harus kita sampaikan kepada seluruh masyarakat Sabu Raijua tampa terkecuali, Kita harus Bersatu, Maju dan bermartabat, karena dengan bersatu kita dapat melakukan pembangunan yang berkesinambungan di kabupaten Sabu Raijua.untuk kemakmuran dan kesejahteraan seluruh masyarakat Sabu Raijua. Sekarang saatnya kita harus bersatu padu membangun Kabupaten Sabu Raijua. Perbedaan dalam pesta demokrasi sudah berakhir,kata Ketua DPRD Sabu Raijua.

Hal lainya yang di sampaikan oleh Bapak Ketua DPRD Sabu Raijua,yakni semua program dan usulan pasti tidak dapat di biayai seluruhnya karena anggaran yang tersedia sangatlah terbatas.jadi mohon pengertian baik dari seluruh masyarakat yang ada di kabupaten Sabu Raijua untuk bersabar serta memahami kondisi anggaran di kabupaten sabu raijua.

 

 

Bupati Sabu Raijua Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus N.Rihi Heke.M.Si menyampaikan arahannya

Bupati Sabu Raijua Bupati Sabu Raijua, Drs. Nikodemus N.Rihi Heke.M.Si, dalam arahannya menyampaikan tujuh ( 7 ) Isu penting yang dapat menyimpulkan seluruh usulan program dan kegiatan pembangunan yang akan kita laksanakan pada tahun 2023 nanti. Ketujuh Isu yang di paparkan satu persatu oleh bapak Bupati Sabu Raijua, di depan seluruh peserta musrenbangcam yang hadir harus di selaraskan dengan seluruh usulan dan kegiatan pembangunan yang akan kita laksanakan pada tahun anggaran 2023 nanti. Bupati Sabu Raijua menekankan agar setiap kegiatan di desa harus mendukung program penanganan stunting, serta penanggulangan covid 19. di samping program prioritas lainnya yang sudah di sepakati melalui Musrenbang tingkat Kabupaten nanti,Seraya mengakhiri sambutannya..

Menurut Ketua DPRD bahwa untuk menetapkan Visi bersatu merupakan suatu rumusan yang perlu dipikirkan  rumusannya secara mendalam untuk membangun Sabu Raijua.

Hadir dalam kegiatan ini selain Bupati Sabu Raijua,  Ketua DPRD, Sekda Sabu Raijua, Pimpinan TNI/Polri, para pimpinan OPD, Camat Hawu Mehara, para delegasi dari Desa dan undangan lainnya.(Sofyan RSPD)


Simpan sebagai :

Berita terkait :

«

Desember 2022

MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31