INFO
  •  Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua 

Kemeriahan Festival Jelajah Pesona Kelaba Madja di Pantai Raemea

Jumat, 13 September 2019

Pantai Raemea adalah salah satu Destinasi Wisata yang ada di Desa Loborai Kecamatan Sabu Timur yang turut mendukung Festival Jelasah Pesona Kelabba Madja tahun 2019.

Dalam penuturan sejarah Pantai Raemea yang dikisahkan diawal kegiatan Festival hari ke 2 tanggal 10 September 2019 ini menceritakan bahwa Pantai Reamea tercipta dari sebuah sejarah yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu. Pantai Raemea yang ketika diartikan sendiri yaitu Kampung Merah yang identic dengan sebuah Kampung Arwah yaitu perhentian arwah nenek moyang dari Daoli dan arwa mereka berakhir sampai di Raemea. Oleh karena itu Tebing Raemea ini dari keseluruhan pulau sabu ini ketika berlayar dari arah timur maka yang akan kita kenal pertama jarak sekitar 40mil dari tempatini maka Raemea yang akan kita kenal lebih pertama dari semua tempat yang ada di pulau Sabu Raijua.

Di tempat ini juga ditandai dengan dua batu besar sebagai tempat perhentiannya arwa atau perahu arwa dari pulau Daoli dan juga terdapat sebuah batu besar yang dinamakan oleh nenek moyang yaitu batu Banni Nali yang diyakini sebagai batu yang dipuja sampai saat ini oleh Ama Rai yang berpangkat Lado Haga.

Secara terpisah Kepala Desa Loborai Marthen Rihi Leba ketika diwawancarai oleh team RSPD Sabu Raijua menyampaikan tanggapannya bahwa mereka sangat bangga sekali dengan dukungan dari apa yang ditentukan oleh Pemerintah, masyarakat dan pemerintah Desa dengan segala kemampuan yang ada untuk membangun penataan daerah pariwisata Pantai Raemea secara baik.

Unsur yang terlibat dalam kegiatan tersebut dalam festival Jelajah Pesona Kelabba Madja adalah seluruh masyarakat dan pemerintah Desa Loborai, tokoh adat, para penari dan PKK yang mendukung dengan memamerkan hasil karya seprti kuliner, anyaman, dan kain adat.

Terkait rencana kedepan, pemerintah Desa Loborai dan masyarakat akan menampilkan tarian adat di daerah wisata sekitar tanggal lima setiap bulan dan akan membagikan brosur kepada wisatawan-wisatawan agar mereka dapat mengetahui jadwal kegiatan yang akan di lakukan serta penataan dari dana desa akan di akomodir.

Kegiatan yang di tampilkan di lokasi pantai RAE MEA yaitu tarian waratada, taji ayam(peiu manu), pedoa Bersama para undangan dan wisatawan, foto social media, atraksi motor, dan lomba dayung sampan.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Bupati Sabu Raijua Bersama ketua PKK kabupaten Sabu Raijua, Sekda Sabu Raijua, Camat Sabu Timur, Pimpinan OPD, Wisatawan dan undangan lainnya.


Simpan sebagai :

Berita terkait :

«

Oktober 2019

»
MggSenSelRabKamJumSab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31