PROGRAM CETAK SAWAH UNTUK MENCAPAI INDONESIA SWASEMBADA PANGAN Featured

DALAM RANGKA MENCAPAI SWASEMBADA PANGAN BAGI INDONESIA DAN DEMI MENCAPAI TARGET INDONESIA DI TAHUN 2042 DAPAT MENJADI LUMBUNG PANGAN DUNIA, KEMENTRIAN PERTANIAN MELALUI DINAS PERTANIAN DAN PANGAN MEMBERIKAN BANTUAN DANA UNTUK PEMBUKAAN LAHAN SAWAH CETAK BARU DI LOKASI LAHAN KOSONG YANG DISIAPKAN. UNTUK SABU RAIJUA PELAKSANAAN PROGRAM BUKA LAHAN SAWAH CETAK BARU SUDAH DIKERJAKAN 52 Ha DARI TARGET SELUAS 100 Ha DI KECAMATAN SABU LIAE DI DESA EILOGO DAN KOTA HAWU

HAL INI DISAMPAIKAN PLT. BUPATI SABU RAIJUA DRS. NIKODEMUS N. RIHI HEKE, M.SI KETIKA MENDAMPINGI DANREM 161 WIRASAKSI KUPANG, PADA ACARA TATA MUKA DENGAN PARA PETANI LAHAN SAWAH CETAK BARU DI DESA EILOGO KECAMATAN SABU LIAE SENIN 16 OKTOBEWR 2017

DIKATAKAN BAHWA KEHADIRAN TENTARA NASIONAL INDONESIA ( TNI ) DITENGAH MASYARAAKAT TELAH MEMBAWA DAMPAK POSITIF DIANTARANYA MASYARAKAT MERASA AKRAB DAN BERSAHABAT SEHINGGA DENGAN KONDISI GEOGRAFIS SABU RAIJUA YANG TERLUAR DAN TERPENCIL KAMI MEMILIKI TEKAD UNTUK MENJADIKAN SABU RAIJUA SEBAGAI DAERAH. MAJU DAN SEWJAHTERA.

SELAIN ITU PLT. BUPATI MENGATAKAN, SABU RAIJUA MEMILIKI LUAS WILAYAH 469 KM2 ADA BANYAK LAHAN YANG KOSONG, APABILA DIMUNGKINKAN MAKA LAHAN TERSEBUT AKAN DIKELOLA UNTUK DIJADIKAN LAHAN SAWAH CETAK BARU DAN UNTUK KETERSEDIAAN AIR AKAN DIANTISIPASI DENGAN PEMBUATAN EMBUNG BAIK MELALUI APBD II ATAU DANA DESA HAL INI MENJADI TEKAD PEMERINTAH DAN MASYARAAKAT DENGAN DEMIKIAN SABU RAIJUA MERUPAKAN DAERAH KERING DENGAN INTENSITAS CURAH HUJAN YANG SEDIKIT, ATAS KONDISI TERSEBUT PEMBUATAN EMBUNG DIHARAPKAN DAPAT MENAMPUNG AIR HUJAN SEHINGGA TIAP TETES HUJAN YANG JATUH TIDAK BOLEH TERBUANG SIA2 TAPI DAPAT BERGUNA BAGI PERTANIAN SEHINGGA HARAPAN SABU RAIJUA HIJAU DAPAT TERWUJUD.

PADA KESEMPATAN YANG SAMA DANREM 161 WIRASAKTI KUPANG TEGUH MUJI ANGKASA MENGATAKAN PROGRAM CETAK SAWAH DILAKUKAN AGAR KEBUTUHAN PANGAN INDONESIA KHUSUSNYA BERAS TIDAK PERLU DIEKSPOR DARI LUAR NEGERI. INDONESIA ADALAH NEGARA AGRARIS DENGAN MAYORITAS PENDUDUKNYA BERMATA PENCHARIAN SEBAGAI PETANI, ATAS DASAR TERSEBUT PRESIDEN MELALUI PROGRAM CETAK SAWAH BERTEKAD AGAR INDONESIA DAPAT MEWUJUDKAN SWASEMBADA PANGAN; MENCIPTAKAN KETAHANAN PANGAN DENGAN TIDAK MENGEKSPOR BERAS DAN BERGANTUNG PADA NEGARA LAIN MELALUI KERJASAMA ANTARA TNI DAN KEMENTRIAN PERTANIAN SEJAK 2015. SELAIN SABU RAIJUA, PROGRAM CETAK SAWAH DI NTT JUGA SUDAH DILAKUKAN DI BEBERAPA DAERAH DI FLORES, ROTE DAN TIMOR.

PROGRAM CETAK SAWAH BARU DILAKUKAN SECARA SWADAYA SEBAGAI BAGIAN DARI TUGAS POKOK TNI DALAM RANGKA MEMBANTU PEMERINTAH MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SESUAI SLOGAN TNI YAITU BERSAMA RAKYAT TNI KUAT, SETELAH TATAP MUKA DENGAN MASYARAKAT DANREM DAN ROBONGAN MELAKUKAN PENINJAUAN DAN FOTO BERSAMA PARA PETANI. DALAM KUNJUNGAN DUA HARI DISABU RAIJUA DSANREM BERSAMA ROMBONGAN DIDAMPINGI Plt Bupati MELAKUKAN PENINJAUAN   DITAMBAK GARAM DESA HALLA PAJI DAN PENINJAUAN TAMBAK GARAM PANTAI BALI DESA BODAE KECAMATAN SAABU TIMUR. (KOMINFO)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.