SABU RAIJUA: MENTERI PERTANIAN BIDANG INFRASTRUKTUR MELAKUKAN UPSUS DI SABU RAIJUA Featured

Menteri Pertanian RI Bidang Infrastruktur melalui Staf Ahlinya Dr.Ir.Any Andayani,M.agr sekaligus merangkap Ketua Upaya Khusus (upsus) padi, jagung, kedelai (pajale) Provinsi NTT, melakukan pertemuan tatap muka dengan para penggiat Upsus pajale Kabupaten Sabu Raijua yang juga adalah para penyuluh pertanian, Biro pusat statistik sabu raijua dan unsur TNI, berlangsung rabu 3 mei 2017 diaula kantor bupati di menia.

Wakil Bupati Sabu Raijua Drs.Nikodemus Rihi Heke,MSi. Dalam kesempatan itu mengatakan: Upaya yg dilakukan Pemda Sabu Raijua menuju ketahanan pangan adalah dengan melakukan perluasan area pertanian meliputi peningkatan lahan potensial dan pemanfaatan lahan tidur dengan menggunakan traktor besar maupun handtractor,pemberian bibit,pupuk,selang,obat pencegahan hama, teknologi penanaman Ipat BO, dan Gusro dan juga pembangunan ratusan buah embung-embung di enam kecamatan. Kepada para penyuluh pertanian harus melaksanakan pendampingan serius terhadap petani sehingga swasembada pangan yang dicita-citakan pemerintah dapat terwujud, tutup plt, mengakhirinya

Sementara Doktor Any Andayani mengatakan: Upsus Pajale adalah memberikan bantuan Alat mesin pertanian atau alsinta sebagai investasi, memperbaiki jaringan irigasi sebagai investasi, memberikan benih dan pupuk dgn harga subsidi, adanya pendampingan oleh penggiat upsus dari Eselon I Kementerian ditingkat provinsi serta memberikan jaminan terhadap penjualan hasil pertanian padi dibeli oleh bulog dan gabungan pengusaha makanan ternak atau GPMT sehingga tidak ada permainan harga.

Selanjutnya Plt.Bupati bersama Tim Kementerian dan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Doktor Amirudin Pohan didampingi Sekertaris dinas Pertanian Kabupaten Sabu Raijua Habel Kale,MSi, pejabat pemerintah daerah lainnya menuju desa Raeloro melakukan panen padi di areal sawah milik kelompok tani prima tani seluas 25 hektar dengan hasil perhektarnya mencapai 9,2 ton padi. Dari situ sebelum neninggakkan sabu raijua, tim pun melanjutkan perjalananya ke embung irigasi guriola di desa raenyale kecamatan sabu barat. <<JCH>> (Humas-Sarai)

Last modified on Wednesday, 10 May 2017 00:18

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.